Jumat, 18 Desember 2020

Kisah Guru Pendongeng dan Penggiat Literasi

 

Kisah Guru Pendongeng dan Penggiat Literasi

Malam ini Bambang Purwanto, S.Kom adalah pemateri dalam ruang Belajar Menulis.  Bersama Om Jay sebagai pembuka acara dan Ibu Fatimah sebagai moderator. Berikut catatan perjalanan kisah beliau yang saya resume pada hari keenam.

Mr. Bams atau Ayah Salwa adalah panggilan kerennya. Sosok guru pendongeng, penggiat literasi, blogger dan penulis yang telah menghasilkan banyak karya. Pengelola taman baca yang senang berorganisasi sejak duduk di bangku SMA ini juga sebagai koordinator literasi di kampusnya, SMP Taruna Bakti Lebakwangi Bandung. Berbagai prestasi dan penghargaan yang diberikan pada beliau dalam bidang pelatihan dan literasi yang inspiratif, baik tingkat kota maupun tingkat nasional.

Aktif ngeblog sejak tahun 2008 semenjak mengajar TIK dan membimbing ekskul blogger di SMP Taruna Bakti. Menjadi blogger di blogspot dan wordpress, walau sekarang blogspot  sudah ditinggalkannya. Tahun 2003 mulai bergelut di dunia menulis dan tahun 2011 mendirikan taman baca di rumahnya. 

Sebagai koordinator Gerakan Literasi Sekolah, Mr. Bams panggilan akrab dari Bapak Bambang Purwanto, aktif membimbing program literasi selama 15 menit

Sebagai seorang blogger yang sampai sekarang masih eksis ternyata  Mr. Bams punya beberapa tujuan dalam menulis yaitu :

  • malu sebagai guru TIK tidak punya blog
  •  malu sebagai penggiat literasi nggak punya blog
  • berbagi pengalaman
  • menyimpan tulisan setiap pagi di sekolahnya dan puncaknya SMP Taruna Bakti meraih juara Literasi Kategori Utama tahun 2019 dan Mr. Bams mendapat Anugrah Penggiat Literasi dari Dinas  Pendidikan Kota Bandung.sepanjang zaman (bukan sepanjang hayat)
  • menghasilkan rupiah.

Prinsipnya adalah “lakukanlah apa yang mau dan bisa kita lakukan, lakukanlah. Banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakukannya. Bermodal mau maka akan menjadi bisa. Banyak orang hebat di sana. Kita bukan untuk menjadi orang hebat, akan tetapi semoga kita menjadi orang yang bermanfaat kapanpun, dimanapun dengan siapapun.”

Bagaimanakah cara agar blog kita menjadi ramai pengunjung dan bisa di lirik oleh pembaca, yang akhirnya bisa menjadi seorang bloger? Tentu saja ada caranya, diantaranya

  • tergabung dengan komunitas (seperti grup menulis ini, ada 12 grup)
  • sering memperkenalkan blog kita kepada yang lain, bisa di WA, FB, IG
  • rajin berkunjung ke blog yang lain
  • buatlah blog kita untuk membantu orang lain.

Lalu manfaat apa yang bisa kita raih dengan ngeblog? Manfaatnya menurut Mr. Bams yaitu :

  • secara sederhana, blog bisa menyimpan tulisan kita, tetapi bisa dibaca oleh banyak      orang, beda kalau tulisan disimpan di laptop, komputer atau buku
  • melatih menulis, jadi terbiasa menulis
  • membangun kepercayaan diri melalui tulisan.

    Kisah Guru Ngeblog di Wordpress, adalah pengalaman-pengalaman beliau selama membuat blog. Pengalaman bagaimana mengajarkan peserta kelas blog, membutuhkan kesabaran yang luar biasa, membalas chat japri saat membuka kelas blog, dan itu semua membuat keringat dingin, dan rasanya lega apabila bisa terselesaikan. Saat ini blog beliau digunakan oleh sekolah untuk pembelajaran di masa pandemi covid. Alamatnya daringsmptarunabakti.worpdess.com 

Apakah blog bisa menghasilkan rupiah? Bagaimana? Blog bisa menghasilkan rupiah artinya kita bisa mendapatkan uang dari hasil ngeblog. Yang paling mudah. misalnya kita punya keahlian atau punya barang, kita promosikan di blog tersebut, kemudian alamat blog tersebut disebarluaskan. Di blog itu misal kita jual makanan, kita posting  gambar makanan, harga dan  cara pesannya. Bila punya keahlian mengajarkan tari, kita posting tentang tari, ada videonya, kemudian kita promosikan. Nah, bisa dicoba dan tentu bisa menghasilkan uang.

Apa sebenarnya yang membuat motivasi Mr. Bams dalam menulis di blog? Motivasi utama adalah melatih kebiasaan menulis dan membuat blog yang kita kelola bermanfaat untuk yang lain. Bagaimana menarik pembaca? Membangun blog memang tidak mudah. Yang kita lakukan sudah benar, yaitu adanya komunitas. Makanya di penamrbams.id sengaja ada kumpulan link blog (blogspot, wordpress, web blog), tujuannya agar bisa saling berkunjung. Maka silaturahim terus dibangun. Bila kita seorang guru, buatlah materi dan tugas di blog kita, maka pasti banyak pengunjung ke blog kita. Tulisan tidak hanya materi dan tugas,  tetapi bisa yang lainnya kita tuliskan, agar menjaring pembaca. Saran Mr. Bams adalah menulislah untuk membahagiakan yang lain, maka kebahagiaan akan datang untuk kita.

Bagaimana Mr.  Bams membangun ide atau cerita, supaya setiap kalau mendongeng ada sesuatu yang baru yang bisa diceritakan? Dan, bagaimana mengelola taman bacaan,  buku-bukunya dari mana,  apakah dari pribadi atau bantuan, lalu apakah yang berkunjung juga dikenakan biaya?  Tentunya untuk bisa kaya  ide, kita harus rajin membaca buku, sering memperhatikan yang lagi ramai dibicarakan orang, bisa menjadikan “ide” buat kita menulis. Mengelola Taman Baca adalah hobi  sekeluarga kepada buku, meskipun awalnya isteri tidak begitu setuju, karena ada pekerjaan tambahan di rumah. Tapi lama-lama senang juga. Apalagi isteri sekarang sudah 4 tahun tidak bekerja, mengelola Taman Baca, dan ketemu anak-anak setiap hari, mulai TK-SD-SMP-SMA. Buku diperoleh dari teman, sahabat, dan jejaring di komunitas ngeblog.  Semua fasilias Taman Baca Lebakwangi miliknya adalah gratis.

Pengalaman ini sangat menginspirasi dan memotivasi kita untuk menggiatkan literasi. Mari teman-teman guru kita mulai menulis dan berkarya setiap kegiatan kita dalam bentuk tulisan, sebagai bentuk kegiatan berliterasi. Sekaranglah saatnya, jangan tunda-tunda lagi.

1 komentar: